Fungsi Left (mengambil beberapa karakter pada sebuah cell)

Hari ini saya punya tugas mengedit data PNS di Lingkungan kerja saya yang berjumlah 500 Orang lebih, setelah saya buka ternyata tidak ada data tentang Tanggal Lahir yang ada hanya NIP, sedangkan yang diminta harus ada.

Tidak mustahil sih kalau saya minta data kembali, tapi rasanya gak efisien, Akhirnya ketemu juga solusinya yakni dengan memanfaatkan kehebatan Excel.

Bagaimana Caranya?
Sebagaimana saya ungkapkan tadi, pada data tersebut hanya ada NIP, dan saya tahu pada NIP itu sebenarnya ada tanggal lahir. Contoh NIP 196808151986062003 Tangga Lahirnya adalah 19680815
Cara manualnya saya hapus digit 10 terakhir (1986062003) tapi hadeuh! kapan selesainya, akhirnya saya gunakan formula =LEFT(A1;8)
Begini asumsinya, jika letak NIP pada cell A1 Maka pada cell B1 saya buat Formula =LEFT(A1;8)Selesai deh!

Penjelasan Formula
Left artinya (kiri) A1 (cell yang mau diambil karakternya) 8 (jumlah karakter yang akan diambil)

Tidak ada komentar

Apapun dan bagaimanapun komentar yang anda tulis, merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang saya tulis. dan saya sangat menghargainya