Menentukan Frekuensi Rentang Nilai

Uh ....... betapa ribetnya hari-hariku belakangan ini, beres satu pekerjaan datang pekerjaan berikutnya. tapi karena pada dasarnya saya senang bekerja, ya nikmat aja bawaannya.

Kamis, 17 Juni 2010 saya harus menghitung rentang nilai, dengan contoh data sebagai berikut :

A nilainya 61
B nilainya 70
C nilainya 62
D nilainya 65
C nilainya 64
E nilainya 70
F nilainya 61
G nilainya 65
H nilainya 66
dst ...

Nah, sekarang saya harus mencari rentang nilai dari 61 - 70 ada berapa orang?
Mulanya saya gunakan fungi COUNTIF, lalu saya coba fungsi FREQUENCY. Namun setelah mencoba menggunakan kedua fungsi tersebut saya merasa solusi yang ditawarkannya tidak dapat menyelesaikaan masalah yang saya hadapi. Akhirnya saya mencari penyelesaiannya menggunakan makro VBA,

Tentu saja fungsi ini mungkin terlalu "Lebay" bagi anda yang terbiasa bekerja dengan Microsoft Excel, dan saya yakin anda memiliki cara yang lebih baik untuk menyelesaikan masalah ini. Fungsi ini juga masih perlu disempurnakan untuk menghindari bug yang mungkin timbul, misalnya bila parameter kedua diberi nilai lebih besar dari parameter ketiga dan sebagainya.

Nah, ini dia bentuk macro VBA yang saya buat,

Public Function HitungRange(ByVal rNilai As Range, ByVal iLowB As Integer, ByVal iUpB As Integer)
    Dim i As Integer
    Dim iJml As Integer

    iJml = 0
    For i = 1 To rNilai.Count
        If (rNilai(i).Value >= iLowB And rNilai(i).Value <= iUpB) Then
            iJml = iJml + 1
        End If
    Next i


Fungsi HitungRange() ini menerima tiga parameter. Parameter pertama adalah alamat sel (range) yang berisi data atau nilai yang akan dijadikan tempat pencarian, parameter kedua adalah batas bawah untuk rentang nilai pencarian, parameter terakhir adalah batas atas untuk rentang nilai pencarian.

Jadi pada saat kita akan melakukan pencarian berapa jumlah nilai antara 61 sampai 70, maka penggunaannya fungsinya adalah sebagai berikut: HitungRange(range_sel;61;70).


Bagi yang ingin mencoba silahkan download contoh fungsi dalam bentuk dokumen Excel disini. Selamat mencoba!

Tidak ada komentar

Apapun dan bagaimanapun komentar yang anda tulis, merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang saya tulis. dan saya sangat menghargainya