Manfaat Facebook, buat guru


Salah satu dari sekian banyak fungsi jejaring sosial facebook yang dapat dimanfaatkan oleh guru dalam proses pembelajaran, adalah membuat program assignment untuk pelajaran yang menjadi tugasnya.

Sekedar contoh ;
Guru membuat program assignment untuk Pelajaran IPS kelas VI dengan tema cara-cara menghadapi bencana alam. Tugas yang harus mereka kerjakan adalah membuat tulisan minimal 100 kata tentang apa yang akan mereka lakukan untuk menghadapi bencana alam. Mereka juga harus tag guru yang memberikan tugas tersebut, dan teman-teman sekelasnya supaya mereka bisa saling memberikan komentar.

Pada mulanya, anak-anak mungkin ada yang protes karena itu memberatkan, namun cobalah bersikukuh untuk tetap melaksanakannya dengan sedikit alasan bahwa itu syarat untuk mengikuti ulangan harian. atau alasan lain, yang akan membuat siswa patuh.

Apa yang akan terjadi?

Ketika seorang murid mulai menulis, sahabat lainnya mengomentari, dan terjadilah berbalas komentar di setiap tulisan. Adrenalin mereka akan bangkit dan terus menulis, dari yang serius sampai basa-basi. Bahkan satu hal yang harus diantisipasi adalah penuhnya 'wall' teman-teman yang terkoneksi dengan guru yang telah memberikan tugas tadi. semisal guru dan teman sejawat yang akan kena getahnya. tapi jangan khawatir, toh seorang guru pada akhirnya akan menikmati tulisan lucu siswa-siswinya.

Selanjutnya lakukan inovasi untuk pelajaran Bahasa, IPA, Matematika, atau pelajaran lain untuk membuat diary atau catatan-catatan mereka di notes yang tersedia di facebook. Pasti hasilnya dahsyat, akhir semester buat guru menjadi lebih mudah lagi. Tinggal suruh buka FB siswa dan diminta menunjukkan semua tugasnya. Toh siswa juga tidak akan bisa berkelit apakah pekerjaan itu ditulis tepat waktu, molor bahkan tidak sama sekali ... karena tanggal upload mesti ada dan tercatat dengan baik.

he... he... mungkin seru dan bermanfaat!
Share on Google Plus

About Sofyan Saori

Saat lenggang; Seringkali nyender di kursi butut, browsing, liat2 status di medsos, nyruput kopi hitam dan nyalain sesuatu
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

Apapun dan bagaimanapun komentar yang anda tulis, merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang saya tulis. dan saya sangat menghargainya