Tahun Baru


Dalam wikipedia.org tertulis sejarah tahun baru sebagai berikut :
Tahun Baru pertama kali dirayakan pada tanggal 1 Januari 45 SM.[1] Tidak lama setelah Julius Caesar dinobatkan sebagai kaisar Roma, ia memutuskan untuk mengganti penanggalan tradisional Romawi yang telah diciptakan sejak abad ketujuh SM.
Dalam mendesain kalender baru ini, Julius Caesar dibantu oleh Sosigenes, seorang ahli astronomi dari Iskandariyah, yang menyarankan agar penanggalan baru itu dibuat dengan mengikuti revolusi matahari, sebagaimana yang dilakukan orang-orang Mesir. Satu tahun dalam penanggalan baru itu dihitung sebanyak 365 seperempat hari dan Caesar menambahkan 67 hari pada tahun 45 SM sehingga tahun 46 SM dimulai pada 1 Januari.
Caesar juga memerintahkan agar setiap empat tahun, satu hari ditambahkan kepada bulan Februari, yang secara teoritis bisa menghindari penyimpangan dalam kalender baru ini.
Tidak lama sebelum Caesar terbunuh di tahun 44 SM, dia mengubah nama bulan Quintilis dengan namanya, yaitu Julius atau Juli. Kemudian, nama bulan Sextilis diganti dengan nama pengganti Julius Caesar, Kaisar Augustus, menjadi bulan Agustus.

Itu sejarahnya, Lalu apa hubungannya dengan kita, Barang kali, inilah kesempatan untuk melakukan evaluasi terhadap diri sendiri, Lalu, "Apa sih evaluasi diri?"
"Evaluasi diri secara umum merupakan suatu proses pengumpulan serta pemrosesan data dan informasi yang akan digunakan sebagai dasar pengambilkan keputusan, pada masa yang akan datang".

Secara khusus "Evaluasi diri merupakan upaya mengetahui gambaran mengenai kinerja dan keadaan diri melalui pengkajian dan analisis yang dilakukan oleh  diri sendiri terhadap dirinya, berkenaan dengan kekuatan, kelemahan, peluang, tantangan, kendala, bahkan ancaman. Pengkajian dan analisis itu dapat harus dilakukan dengan sejujurnya, sehingga evaluasi diri dapat dilaksanakan secara objektif.

Nah, jika evaluasi telah dilakukan, dan gambaran diri telah didapat, tinggal kita perbaiki yang masih kurang, tingkatkan hal-hal yang telah baik. dan buat program yang belum ada.
"Itu aja,  Lalu ....
" Apa Perlu pesta?" (Wah, itu sih terserah, toh setiap orang punya pikiran berbeda)

"Yang penting, jangan lupa berdoa". Ada doa akhir tahun yang mengandung kata-kata yang menyentuh hati:
Ya Allah, dalam setahun ini  kami telah melakukan apa yang menjadi larangan-Mu, sedang kami belum bertaubat, kami seakan melupakan dosa-dosa yang telah kami perbuat, padahal Engkau tidak melupakannya dan (dengan kasih sayang-Mu) Engkau bersabar, padahal sesungguhnya Engkau berkuasa memberikan siksa pada kami, dan Engkau selalu menyerukan pada kami untuk bertaubat walaupun kami melukai hati-Mu dengan melakukan hal yang tidak Engkau sukai………

Karena itu ya Allah, kami mohon ampunan-Mu dan berilah ampunan kepada kami dengan kemurahan-Mu.
Akhir kata, saya dan keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2010, semoga segalanya lebih baik!
Share on Google Plus

About Sofyan Saori

Saat lenggang; Seringkali nyender di kursi butut, browsing, liat2 status di medsos, nyruput kopi hitam dan nyalain sesuatu
    Blogger Comment
    Facebook Comment

1 komentar:

  1. wah ternyata tahun baru sekarang banyak sejarahnya ya pak..boleh juga ni artikel...
    ayo pak tingkatkan silaturahmi kita ya pak???saling kerjasama jg oke nich.
    buka site resmi saya di
    www.handycraftstore.com
    www.tembagakuningan.com
    www.4handycraft.com

    BalasHapus

Apapun dan bagaimanapun komentar yang anda tulis, merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang saya tulis. dan saya sangat menghargainya