Penelitian dan Tindakan Kelas

Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik, melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan atau latihan bagi peranannya di masa mendatang. Rumusan tersebut mengandung empat hal yang seyogyanya dapat kita cermati, yakni: “sebuah usaha yang dilakukan secara sadar”, bagaimana “menyiapkan pelaksanaan proses pendidikan dimaksud”, “melalui apa dan bagaimana melaksanakannya”, serta “bagaimana mengetahui hasil pendidikan tersebut terutama dalam peranannya di masa mendatang”.

Namun dari rumusan yang telah diuraikan tersebut, satu hal yang tidak dapat dipungkiri bahwa : Proses pembelajaran yang berhasil ditandai dengan telah dikuasainya materi pelajaran yang sudah disampaikan oleh guru, terhadap siswanya. Adapun tingkat penguasaan siswa terhadap materi pelajaran, pada umumnya dinyatakan dengan nilai.

Proses Kegiatan Belajar Mengajar di Sekolah, dapat diukur dengan menggunakan alat berupa daftar perolehan nilai. Jika perolehan nilai siswa kurang standar kompetensi minimal yang telah ditentukan, kiranya guru perlu melakukan Penelitian dan Tindakan Kelas

Seyogyanya dalam Laporan PTK memuat pendahuluan, perencanaan, dan pelaksanaan perbaikan pembelajaran, temuan atau hasil yang diperoleh selama berlangsungnya Penelitian dan Tindakan Kelas (PTK), serta kesimpulan, dan saran untuk ditindak lanjuti.

Cag

Tidak ada komentar

Apapun dan bagaimanapun komentar yang anda tulis, merupakan bentuk apresiasi terhadap apa yang saya tulis. dan saya sangat menghargainya